KONI, KOTATASIKMALAYA – Berolahraga di Bulan Suci Ramadan tidak menjadi kendala bagi para pecinta tenis meja yang tergabung  PTM Surya Kecana Tasikmalaya.

 PTM Surya Kencana yang beralamat di Jalan Tamansari Gobras KM 1 Kota Tasikmalaya berawal sebuah kantor seluas 16 m x 20 meter yang disulap oleh pemrakarsa PTM Surya Kencana Wong Tjong Hoa (63) setiap sorennya selalu ramai dikunjungi oleh para pecinta tenis meja yang ada di Kota Tasikmalaya.

Wong Tjong Hoa, yang akrab disapa Ko Cong Cong mengungkapkan meski Ramadhan kali ini masih dalam suasana pandemi Covid-19, untuk menjaga kesehatan tubuh kita, ada baiknya kita tetap melakukan olahraga selama bulan Ramadhan.

“Ya, tak banyak yang tahu, selama berpuasa ternyata olahraga menjadi salah satu hal yang direkomendasikan untuk tetap dilakuan,” ungkapnya.

Cong cong menambahkan salah satu hal yang penting untuk dipertimbangkan adalah memilih waktu dan tempat yang tepat untuk berolahraga.

Dikutip dalam laman Islamicity, olahraga saat puasa akan menyebabkan kenaikan yang signifikan pada hormon kortisol (hormon stres), terlebih jika dilakukan dalam intensitas tinggi.

Sedangkan menurut dr. Michael Triangto, SpKO, menentukan kapan waktu terbaik untuk melakukan olahraga saat puasa tergantung pada tujuan olahraga itu sendiri.

Sedangkan jika alasan berolahraga dengan tujuan untuk melatih otot dan sekadar mengeluarkan keringat, maka bisa melakukan olahraga beban ataupun kardio yang bisa dilakukan di malam hari selama 30 sampai 60 menit atau boleh juga dilakukan ketika menunggu berbuka puasa.

Seorang anggota PTM Surya Kencana Furqon ( 47) mengungkapkan kegiatan ini selain untuk mencari keringat juga menjadikan media silaturahmi antar sesama anggota PTM Surya Kencana. (Humas KONI Kota Tasikmalaya)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *